Selasa, 05 Juni 2007

FENOMENA TUKUL

Kata-kata balik ke laptop begitu terkenal hari ini begitu juga kata ndeso, katro dll yang dipopulerkan oleh tuku arwana dalam acara empat mata ditrans 7 , acara ini cukup terkenal dan fenomenal diklangan masyarakat indonesia saat ini, karena penuh dengan humor yang mengigit dan mengelitik para pemirsanya dan juga dibeberapa negara tetangga maupun eropa dan amerika tentunya yang paham dengan bahasa indonesia. ada beberapa hal yang perlu kita ambil nilai positifnya dalam kehidupan kita dari acara yang sebenarnya just kidding and just for laugh (kata tukul.red) ini yaitu:
1. Siap menerima kritik ataupun dikritik
terkesan memang para narasumber yang diundang pada acara itu pada tiap topiknya sering melecehkan keburukan wajah tukul yang fenomenal itu, tapi tukul menanggapi dengan guyonan yang pas dan menggelitik seperti: jelek2 tapi menghasilkan banyak uang , biar jelek tapi jutaan orang senang ngeliatnya,dan banyak lagi pernyataan ayang begitu pas. tukul begitu siap untuk dicerca,dimaki dan terkadang dilecehkan walau terkesan memang sudah skenarionya tapi ini perlu menjadi sebuah pembelajaran tidak semua kritikan ditanggapi dengan emosi atau marah kita hanya perlu mengalihkan emosi tersebut dari negatif ke positif dimana guyonan menjadi senjata penangkis yang ampuh sehingga dapat membuat kita tersenyum pada saat dikrtitik walau kritik tersebut memang perlu kita tanggapi dengan baik.
2. substansi bukan bungkus
wajah tukul memang jelek dan Ndeso tapi tukul memberikan wacana dalam memandang sesuatu lebih mengarah pada substansi atau isi daripada bungkus yang mempesona tapi tidak memberikan Added Value atau nilai tambah. kita hari ini sering terpesona dengan kemasan yang cantik, gagah, tampan dan rupawan tapi isinya tidak memberikan apa-apa bagi kehidupan kita hanya kesenangan sesaat yang terkadang menyesatkan.
3. stimulan bagi demokrasi
kritikan, cacian , makian dan pelecehan bukanlah hal yang tabu bagi proses pendewasaan demokrasi kita yang masih labil dalam tataran aksi, proses PENEGAKAN demokrasi kita masih panjang dibandingkan dengan negara maju lainnya.
4. belajar menerima keadaan yang ada.
tukul menerima kondisi wajahnya dengan aksi yang fenomenal, tidak membuat dirinya rendah dimata orang lain justru menjadikannya bijakasana dan low profile dalam menanggapi setiap cercaan menjadi peluang untuk memberikan nilai tambah terhadap dirinya.
terus maju Empat Mata, setelah menjadi acara talk show Number one diindonesia tidak ada salahnya untuk menjadi talk show Nomor wahid didunia mengalahkan talkshownya OPrah.

Tidak ada komentar: